Senin, 10 Desember 2018


AYO KITA DUKUNG BERSAMA⏹️ dr.Medrin Joni.SpOg  PUTRA DAERAH DARI PESISIR BUKIT SUKSES DI RANTAU  MAU MEMIMPIN DAN MEMAJUKAN KOTA SUNGAI PENUH⏹️CAWAKO 2021 - 2025
Saat berada di ketinggian 3805meter diatas permukaan laut tahun 1984M di Mount Kerinci

Sungai penuh, 25 Desember 2018
TanahmnowNews, Info Wisata - Keindahan bumi sakti alam kerinci  memang menarik banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara. Daerah yang berjarak 418 km dari kota Jambi ini, memiliki julukan 'sekepal tanah dari surga'. Rasanya pantas kata itu disematkan kepada Kerinci karena keindahan alamnya. Tak heran, Kerinci kerap dijadikan tempat syuting program wisata di Televisi dan menjadi lokasi syuting film.

Selain keindahan alam, Kerinci juga kaya akan budaya. Suku Kerinci memiliki banyak tarian tradisional seperti Tarian Asyeik Naik Mahligai, Mandi Taman, Ngayun Luci, tari Rangguk, Sike Rebana, dan Iyo-iyo.
Anda akan butuh banyak translator jika berkunjung ke desa-desa di Kerinci, karena bahasa tiap desa berbeda-beda.  Ada lebih dari 130 dialek bahasa yang berbeda di tiap-tiap desa di daerah Kerinci. Tapi jangan khawatir, karena masyarakat Kerinci bisa berbahasa Indonesia dengan lancar .
Berikut 15 tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika berada di Kerinci :
Tunggu tulisan kami pada Expedisi berikutnya
⏹️Situs dunia Candi Muaro Jambi
⏹️Obat & pengobatan alternatif
⏹️Benteng Marlborough di Bengkulu
⏹️Istana Maimun di Medan

1.Gunung Kerinci
Berada di puncak Kerinci berarti Anda berada di puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera dan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat
melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu.  Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Berada di Kerinci tidak lengkap jika tidak melakukan pendakian ke gunung Kerinci yang memiliki rute dan jalur pendakian yang memacu adrenalin.

2.Danau Gunung Tujuh
Jika Ende NTT mempunyai pesona Danau Kelimutu yang berada di ketinggian. Maka Kerinci juga memiliki danau yang tak kalah indahnya, yaitu danau Gunung Tujuh. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.
Mungkin Anda sudah menebak kenapa danau ini dinamai danau gunung tujuh. Yap, dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

3.Danau Kaco
Danau Kaco terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Danau ini merupakan salah satu danau terunik di Indonesia,  Danau Kaco dapat mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada saat bulan purnama. Danau ini dapat diakses dari Sungai Penuh ke Desa Lempur dalam waktu 45 Menit dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki menyusuri hutan selama 3-5 jam. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih sangat asri, salah satunya kita disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang dapat kita lihat sewaktu dalam perjalanan

4.Perkebunan Kayu Manis
Kerinci memiliki lahan perkebunan cassia (kayu manis) terbesar di dunia. Wilayah yang juga dikenal atas kualitas bahan mentahnya yang tinggi ini berada di jantung Sumatra, yang merupakan penghasil nilam atau atsiri sekaligus minyak atsiri terbesar dan terbaik di dunia.
Bagi Anda penikmat agro wisata silahkan mengunjungi perkebunan kayu manis yang terhampar luas di Kerinci.


5.Danau Kerinci
Danau yang memiliki luas wilayah 5000 meter persegi terletak di kaki Gunung Rayo dan merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci. Danau ini terletak sekitar 16 kilometer di Selatan Kota Sungai Penuh. Berada di dua wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci memiliki kedalaman 110 meter.

Sebaiknya Anda berkunjung pada saat pelaksanaan Festival danau Kerinci yang biasanya diselenggarakan antara bulan juli dan agustus. Karena selain dapat menikmati keindahan Danau Kerinci, Anda juga dapat menikmati pesona budaya masyarakat Kerinci.

6.Danau Lingkat
Danau ini berwarna hijau pekat. Banyak pantangan yang harus anda patuhi jika berkunjung ke danau ini. Danau yang terletak di pinggiran TNKS memang telah memakan banyak korban dan rata-rata adalah pendatang. Ada yang menghubungkan kejadian ini dengan cerita/janji leluhur yang dipercayai masyarakat sekitar. Anda tidak perlu takut dengan cerita di atas, karena dimanapun kita berwisata bahaya itu selalu ada.


Bagi Anda yang berkunjung ke danau ini Anda dapat menikmati keindahan Alam TNKS.

7.Air Terjun Talang Kemulun
Objek wisata Air Terjun Talang Kemulun Kecamatan Keliling Danau.  Ketika Anda sampai di objek wisata alam Air Terjun Talang Kemulun pengunjung dapat menikmati pesona alam wisata alam dengan desingan suara air Terjun yang membuat rasa lelah dan penat selama perjalan hilang berganti dengan kenyaman sambil berfoto. Air terjun Talang Kemulun terdiri dari 12 tingkat berada dalam hutan rimba TNKS dengan hutannya yang masih lebat dan alami.


8.Air Terjun Pancuran Rayo
Air Terjun Pancuran Rayo terletak diantara Desa Lempur Danau Dengan Desa Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 150 meter. Untuk menikmati air terjun ini tidak mudah, kita harus berjalan kaki, karena kendaraan belum bisa memasuki wilayah ini.


9.Air Terjun Telun Berasap
Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 Meter dan  sumber air dari Air Terjun Telun Berasap adalah sungai-sungai yang berhulu di sekitar Gunung Tujuh, dan sumber utama airnya adalah Air Terjun Gunung Tujuh, yaitu air terjun yang mengalir dari bibir Danau Gunung Tujuh yang terdapat di puncak Gunung Tujuh.
Diberikan nama Telun berasap oleh masyarakat karena keunikan air terjun tersebut yang selalu diselimuti kabut air yang seolah-olah menyerupai asap putih, akibat derasnya air yang terhempas ke batu dan menguap. Keunikan lain dari Air Terjun Telun Berasap yaitu adanya sebuah gua yang cukup luas di balik air terjun tersebut. Namun karena derasnya Air Terjun Telun Berasap membuat belum ada orang yang menelusuri gua tersebut secara menyeluruh.

10.Air Panas Semurup
Mencari tempat pemandian air panas, juga ada di Kerinci. Air panas Semurup merupakan sumber air panas alami yang memancar dari kegiatan vulkanis gunung Kerinci.  Suhu air di sini berkisar 85 derajat celcius.
Anda bisa merebus telur dan umbi-umbian di sini. Selain itu karena airnya mengandung belerang dipercaya jika mandi di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.


11.Kawasan Wisata Aroma Peko
Kawasan wisata Aroma Peko terletak di kawasan perkebunan teh Kayu Aro. Tempat wisata ini banyak sekali para wisatawan yang berkunjung baik dari Kerinci, luar daerah, hingga pengunjung dari mancanegara. Setiap tahun kawasan ini menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi.  

12.Masjid Agung Pondok Tinggi
Ingin berwisata sejarah, anda dapat mengunjungi Masjid Agung Pondok Tinggi terletak di Desa/kelurahan Pondok Tinggi, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh.
Masjid Agung Pondok Tinggi merupakan salah satu masjid kuno dengan arsitektur khas nusantara, beratap tumpang dan berkontruksi kayu. Masjid ini sangat unik dan khas untuk anda penikmat wisata sejarah dan religi, Anda dapat mengunjungi masjid ini sembari beribadah.



13.Taman Nasional Kerinci Seblat
Merupakan Taman Nasional terbesar di Sumatera. Taman nasional ini juga memiliki beragam flora dan fauna. Sekitar 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah taman
nasional termasuk bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum. Fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu, dan sekitar 370 spesies burung.Diterimanya Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera ke daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, membuat Taman Nasional Kerinci Seblat juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
(Sumber : Wikipedia.org)

14.Perkebunan Teh Kayu Aro
Salah satu perkebunan teh terindah dan terluas di Indonesia adalah kebun teh Kayu Aro.  Lokasi tepatnya di kaki sebelah selatan Gunung Kerinci, Gunung tertinggi di sumatera (3.805 meter dari permukaan laut). Mata kami seperti tak ingin berkedip saat melintasi perkebunan teh Kajoe Aro yang dibuka sejak tahun 1925 M.
Bagi penikmat agrowisata, ini merupakan spot wisata terbaik dan Teh Kayu Aro adalah teh Ekspor yang terbaik di Indonesia.

15.Goa Kasah
Kasah Cave atau Goa Kasah  berada di kawasan Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro. Goa ini sangat luas. Cukup untuk membuat orang tersesat jika tidak membawa guide.  Goa yang berada dalam kawasan TNKS diduga dulunya menjadi tempat hunian manusia purba. Di Dalam Goa ini terdapat Ribuan kelelawar dan burung-burung.

Sebenarnya masih banyak lagi keindahan alam Kerinci. Semoga Anda tertarik untuk berlibur ke Kerinci dan menikmati pesona sekepal tanah dari surga.



Caca juga artikel berikut ini

Politik

Debat Kedua Capres di Mata Netizen, Jokowi Disorot Salah Data, Prabowo Soal Unicorn Debat kedua Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Faizal...